Berita Terbaru

Datsun Masih Terdaftar di Gaikindo Walaupun Diisukan Stop Produksi


Pernyataan Datsun hengkang dari Kementrian Perindustrian sampai saat ini belum jelas kepastiannya. Nissan yang menaungi Datsun di Indonesia sendiri tak mau mengkonfirmasi pernyataan dari Kemenperin.
Sementara itu Gaikindo memberikan pendapat lain tentang status Datsun di Indonesia. Datsun sendiri masih tercatat sebagai anggota dari asosiasi industri mobil Indonesia itu.

"Datsun bagian dari Nissan, masih (anggota), kan dia menghentikan produksi. Dia hanya menghentikan produksi aja," kata Sekretaris Umym Gaikindo, Kukuh Kumara di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Ia juga mengatakan bisa saja Datsun akan melakukan aktivitas pabrik lagi dengan penyegaran lini produksinya. Kukuh menegaskan pula bahwa pabrik Datsun masih ada, hanya berhenti beroperasi saat ini.

"Siapa tahu muncul dengan produk baru, kan. Tidak produksi itu kan pabriknya masih ada bukan berarti pabrik hilang," tambahnya.

Kabar Datsun menyetop produksi mobil di Indonesia disampaikan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan menurut informasi yang ia terima Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Kabarnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah strategi bisnis.

"Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia," kata Putu kepada detikcom, Senin (25/11/2019) lalu.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi," sebutnya.



Sumber : https://oto.detik.com/mobil/d-4886809/diisukan-setop-produksi-datsun-masih-terdaftar-di-gaikindo

No comments